Hosting Terbaik

Memilih atau menentukan webhosting yang tepat sangatlah penting. Kesalahan dalam memilih, akan menimbulkan kerugian, baik itu kerugian finansial, waktu, tenaga, dan lain-lain. Maka memilih atau menentukan webhosting dengan benar dan bijaksana merupakan hal yang mesti dilakukan.

Berikut ini, saya yang pemula mencoba menuliskan, 5 hal penting yang harus kita perhatikan dalam menentukan webhosting. 5 hal ini tentu saja bisa berbeda tiap orang. Bergantung kepada kebutuhan masing-masing. Beberapa hal yang mesti kita perhatikan dalam menentukan web hosting terbaik tersebut adalah sebagai berikut:

Harga

Sebenarnya harga sewa webhosting saat ini relatif sama antar perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Namun biasanya harga sewa webhosting luar negeri sedikit lebih mahal daripada perusahaan webhosting dalam negeri. Pilihlah yang tarif sewanya sesuai dengan kemampuan finansial kita. Jangan segan-segan pula untuk bertanya kepada teman atau siapapun dalam memilih perusahaan webhosting.

Bandwidth (data transfer).

Ada berbagai paket yang ditawarkan oleh perusahaan penyewa hosting. Dari paket terendah sampai dengan yang unlimited. Pilihlah paket yang cukup untuk menangani trafic pengakses web/blog Anda. Untuk pemula seperti saya, saya memilih paket yang pertengahan dulu. Seandainya kurang, saya pun bisa meminta upgrade atau bandwidth tambahan, yang tentu saja menambah biaya sewa.

Kapasitas penyimpanan.

Seperti halnya bandwidth, kapasitas penyimpanan data pun berbeda-beda. Dengan variasi harga yang berbeda pula. Pilihlah paket kapasitas penyimpanan data yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Sedang-sedang saja dulu, karena seandainya kurang kita bisa mengupgradenya.

Kecepatan dan Kemudahan Akses.

Kecepatan dan kemudahan akses web/blog turut menentukan kesuksesan suatu web/blog. Pilihlah penyedia hosting yang andal yang servernya mudah diakses.

Support (Layanan Bantuan).

Dalam dunia web/blog gangguan teknis kadang kala terjadi. Apabila kefahaman kita dalam hal teknis masih terbatas, kita tentu membutuhkan layanan teknis yang siap 24 jam memberi bantuan dalam menangani permasaah yang kita hadapi. Pilihlah perusahan webhosting yang menyediakan berbagai cara layanan bantuan, seperti telepon, SMS, e-mail, mesenger, dll.

Bagi Anda yang mau menambahkan atau memberikan rekomendasi, silakan menuliskannya di kolom komentar.

Leave a Comment