Nikmatnya Menjaga Kesehatan dengan Manfaat Buah Semangka

Manfaat buah semangka untuk kesehatan ternyata banyak sekali. Semangka adalah salah satu jenis buah yang memiliki kadar air yang banyak, dengan daging buahnya berwarna merah dan memiliki rasa yang manis dan segar. Buah semangka sangat cocok dijadikan makanan pendamping dikala siang hari yang terik untuk melegakan tenggorokan. Buah semangka banyak ditemui di pasar, supermarket, atau di toko yang menyediakan aneka buah-buahan. Namun, siapa sangka dibalik rasanya yang manis dan segar ternyata buah semangka memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh bahkan mampu menangkal gejala penyakit yang merugikan jika dikonsumsi secara rutin.

Manfaat Buah Semangka

Tahukah anda bahwa warna merah yang terdapat di daging buah semangka ternyata memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin utamanya vitamin C, kalium, serat, betakaroten, mineral serta serat? Benar sekali, semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut terdapat dalam daging buah semangka. Dan berikut adalah manfaat buah semangka:

  • Manfaat buah semangka yang dapat menyehatkan jantung

Buah semangka dengan kandungan likopen-nya mampu menjaga organ jantung pada tubuh anda agar senantiasa sehat dan mencegah timbulnya penyakit jantung koroner.

  • Manfaat buah semangka yang dapat menyehatkan mata

Selain wortel, ternyata kandungan betakaroten juga terdapat di dalam buah semangka. Betakaroten yang dapat berubah menjadi vitamin A ini memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan mata. Sehingga mata akan senantiasa sehat dan terhindar dari penyakit miopi dan katarak.

  • Manfaat buah semangka dalam menjaga kekebalan tubuh

Seperti yang sudah dibahasa sebelumnya, buah semangka dengan kandungan vitamin C di dalamnya mampu meningkatkan sekaligus memperbaiki sistem imun pada tubuh untuk sebagai pelindung dari berbagai virus jahat yang merugikan tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah sakit.

  • Manfaat buah semangka sebagai penangkal radikal bebas

Saat ini polusi udara yang menyebabkan pencemaran udara yang berasal dari asap knalpot kendaraan dan asap pabrik dapat kita temui hampir setiap hari dan dimana saja. Pencemaran udara tersebut termasuk dalam radikal bebas yang apanila sampai terhirup dan masuk ke dalam tubuh secara terus menerus akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Disinilah peran buah semangka dengan kandungan senyawa karotenoid-nya dibutuhkan untuk meminimalisir dampak buruk dari radikal bebas yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh kita.

  • Manfaat buah semangka untuk kekuatan tulang

Dengan kandungan kalium yang berlimpah yang ada di buah semangka dapat memperkuat peran kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang anda.

  • Manfaat buah semangka untuk kesehatan pada organ ginjal

Aliran urine akan semakin lancar dengan rutin mengonsumsi buah semangka, sehingga anda akan terhindar dari penyakit batu ginjal.

  • Manfaat buah semangka untuk mengurangi kelebihan lemak tubuh

Dengan kandungan citrulin yang dimilikinya, buah semangka mampu mengurangi kelebihan lemak yang terdapat di dalam tubuh anda.

Itulah beberapa ulasan mengenai Manfaat buah semangka yang berguna untuk kesehatan tubuh anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *